Jumat, 13 Agustus 2021

Mulai dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Mulai dari Diri 
Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara


 1. Tulisan Reflektif Kritis 

Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

Ki Hadjar membedakan antara pendidikan dan pengajaran. Pendidikan adalah tuntutan bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Itulah dasar yang harus diperhatikan dalam Pendidikan dan itu diluar kecakapan dan kehendak kaum pendidik. Sedangkan pengajaran adalah Pendidikan dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan agar bermanfaat bagi kehidupan lahir dan batin.

Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya.

Ki Hadjar Dewantara memperkenalkan sistem persekolahan yang bertumpu pada 3 gagasan utama, yaitu: 

a. Taman siswa. Taman identik dengan tempa bermain yang menghadirkan kegembiraan dan keindahan untuk pengunjung. Taman siswa adalah sistem persekolahan yang menjadi tempat bermain untuk siswa, dimana siswa diberikan kemerdekaan untuk tumbuh dan berkembang, belajar sesuai keinginan dan kemampuan siswa yang dilengkapi dengan dukungan dalam proses belajar siswa oleh pengajar sesuai kebutuhan masing - masing siswa secara individu.

b. pamong dianalogikan sebagai petani yang menanam padi. dimana petani tidak dapat menentukan ke arah mana padi akan berkembang.

c. among  adalah menitikberatkan siswa sebagai target utama serta prioritas utama yang harus dilayani dan pengajar yang berfungsi sebagai fasilitator menyediakan tuntunan, kepedulian dan kasih sayang. Selain itu prinsip among di dasarkan pada dua hal, pertama kemerdekaan siswa untuk belajar, kedua belajar yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan siswa secata alamiah terbentuk.

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan yang unik, berdasarkan budaya Indonesia, berkontribusi signifikan terhadap pendidikan yang kita nikmati saat ini, juga menjadi dasar lahirnya kebijakan Merdeka Belajar.

Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus? 

Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini adalah pendidikan harus memerdekakan dan pengajaran harus ke arah kecerdasan budi pekerti.  Sesuai dengan pendapat Ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan tidak boleh dimaknai sebagai paksaan. Pendidikan harus mengedepankan proses untuk siswa mampu berkreasi dan mengatur dirinya sediri dalam belajar. Saat ini perlu merapkan pendidikan dan pengajaran yang mengacu pada  keterampilan abad 21 dan penerapan konsep merdeka belajar. 

Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Selama ini saya berusaha untuk menerapkan konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara  dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru, diantaranya dengan cara saya merancang kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid 19 ini dengan menerapkan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan media interaktif, pembelajaran yang tidak hanya memeberikan materi dan membuat siswa bosan, pemeblajaran yang saya terapkan dengan berpusat pada siswa sehingga pembelajaran tersebut membuat siswa dan guru kreatif untuk mencapai pengetahuan.

2. Harapan dan Ekspektasi 

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya sebagai seorang pendidik adalah :

  • Mengubah pola pikir saya dari mengajar ke menuntun. 
  • Harus selalu melakukan perubahan diri kepada yang lebih baik
  • Mengubah pola pikir saya dari mengajar ke menuntun. 
  • Dapat menempatkan diri sebagai pembimbing, penasehat, pendidik, pengajar, pemberi motivasi, penuntun dalam pembelajaran 
  • Berusaha memahami karakteristik setiap peserta didik agar saya bisa lebih mudah menuntun mereka sesuai kodrat alam yang dimiliki.
  • Dapat merancang pembelajaran yang  membuat siswa lebih kreatif, berpusat pada siswa dan berkolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini

  • Siswa mempunyai karakteristik dengan budi pekerti yang lebih baik sehingga mencerminkan karakter siswa yang aktif dan kreatif
  • Meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
  • Menggali potensi dan bakat yang dimiliki oleh siswa.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang diharapkan adalah kegiatan berkolaborasi, saling bertukar pikiran dalam pemahaman materi, saling menghargai dalam mengemukakan pendapat.

Materi yang di harapkan adalah materi yang mudah dipahami, menarik, materi yang berkaitan dengan pendidikan di masa Pandemi sehingga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran saat ini.

Manfaat yang saya harapkan adalah dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang materi yang ada pada modul ini serta saya dapat menerapkan materi yang telah saya pelajari pada modul ini pada siswa ketika proses pembelajaran.