KONEKSI ANTAR MATERI
NILAI - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Fasilitator : Drs. Ahmad Sutardi, M.M.Pd [FAS10]
Pengajar Praktik : Irwan Kurniawan, M.Pd [PP27]
Calon Guru Penggerak : Fika Muji Fadhillah, M.Pd
Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Nilai dan peran
guru penggerak harus menjadi niai diri yang melekat pada diri pribadi yang
merdeka untuk dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar
Pancasila ini sebagai pedoman tema besar kebijakan Pendidikan di Indonesia saat
ini.
Terdapat lima
nilai – nilai guru penggerak yaitu: Mandiri, Refleksi, Kolaboratif, Inovatif
dan Berpihak pada Murid
Sedangkan peran guru
penggerak yaitu:
- Pemimpin pembelajaran
- Menggerakan komunitas praktisi
- Menjadi coach bagi guru lain
- Mendorong kolaborasi antar guru
- Mewujudkan kepemimpinan pada murid
Apakah ada keterkaitan
antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara?
Seorang guru harus
bisa menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak – anak agar mereka
sebagai manusia maupun sebagai masyarakat dapat mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi – tingginya.
Filosofi tersebut
berkaitan dengan nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid, dimana
guru menuntun segala kodrat pada anak
dengan cara berpihk pada murid dan sekaligus kita dapat menjalankan peran
sebagai guru penggerak dengan mewujudkan kepemimpinan murid.
Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
Strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut adalah:
- Kemampuan mengolah diri, baik dari segi emosional, semangat dan dorongan untuk melakukan pergerakan positif. Seorang guru tergerak menjaga perubahan dan menggali potensi lainnya yang disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman.
- Mengembangkan ilmu untuk menambah ilmu yang lebih luas lagi.
- Melakukan refleksi diri mengenai upaya perubahan yang telah di lakukan. Hal ini sebagai langakah keberlangsungan perubahan dan refleksi diri tentang kekuatan dan kelemahan dalam merencanakan kegiatan di masa yang akan dating.
- Melakukan komunikasi dan Kerjasama. Berkolaboratif dengan rekan guru untuk bekerjasama, bertukar pikiran, gotong royong dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran maupun yang berkaitan dengan peningkatan mutu Pendidikan di sekolah dalam melakukan perubahan untuk mewujudkan merdeka belajar.
- Kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran sesuai dengan kodrat zaman. Untuk lebih inovatif dengan cara mencoba hal – hal yang baru, bergerak aktif, dan berani berkarya.
- Menanamkan jiwa mandiri.
- Berpihak pada murid, bersikap lebih among terhadap murid
Siapa saja pihak yang
dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi
kontekstual tersebut?
- Kepala sekolah sebagai fasilitator
- Rekan guru sebagai motivator.
- Murid sebagai mitra, kita bisa berefleksi dengan mereka Pihak utama yang mendukung tercapainya gambaran diri untuk melakukan perubahan. Partisipasi murid akan memacu guru untuk menggali potensi dirinya untuk terus bergerak.
- Diri sendirii sebagai pelaksana.